Kamis, 21 Maret 2013

Tips Menghilangkan Mbagong dan menghilangkan suara - suara yang tidak diinginkan Pada Burung Kacer

Semprot dengan air dingin


Dalam kasus murai batu, maka yang Anda perlu lakukan adalah melalui terapi “semprotan air dingin”
Hal yang perlu Anda siapkan adalah semprotan air yang biasa kita gunakan untuk memandikan burung dengan cara semprot (sprayer). Siapkan semprotan dengan air bersih di dalamnya dan masukkan ke dalam almari es di bagian sayur (bukan di freezer-nya).  Singkat kata, selalu siapkan air dingin di dalam sprayer, apakah itu dari almari es atau kita buat seketika dengan mencampur air dengan es, tidak begitu penting.

Ketika Anda mendengar murai batu Anda mengeluarkan suara ngukluk berulang-ulang, segera hampiri semprotan air di dalam almari es. Begitu dia mengambil jeda suara atau ketika masih bersuara ngukluk, semprotkan air dingin ke arah dia. Biasanya, hanya dengan sekali semprot dia akan terkejut dan segera berhenti berbunyi.
Oke, tunggu saja di ruang berbeda. Begitu dia mengeluarkan suara setan lagi, ya hampiri lagi dan semprot lagi untuk membuat dia kaget dan merasa tidak nyaman. Ulangi lagi dan ulangi lagi jika suatu ketika murai batu Anda bersuara setan lagi.
Terapi ini akan menyita waktu Anda barang 3-4 hari jika dilakukan secara maraton atau bisa sampai sepekan dua pekan jika dilakukan secara tidak konsisten karena kesibukan Anda atau alasan lainnya. Dasar pemikiran dari terapi ini adalah kita “menghukum” burung atas perilaku tertentu mereka. Dengan “hukuman semprot air dingin” yang mengejutkan dan membuat burung tidak nyaman, si burung akan belajar bahwa “jika aku melakukan ini, akibatnya begini”. Nah, kalau Anda rajin mengawal “proses belajar” ini, maka murai batu Anda akan cepat belajar dan karenanya dia akan dengan terpaksa melupakan suara ngukluknya dan tidak akan pernah menyuarakannya lagi.
Jangan full kerodong
Menyetop suara ngukluk dengan kerodong full gelap SANGAT TIDAK DISARANKAN karena akan menyebabkan burung stres atau bahkan kehilangan orientasi siang-malam, kurang mengonsumsi makanan dan kurang puas dalam menghibur diri/refreshing.
Meski alamiah, SUARA NGUKLUK yang bekepajangan dari hari ke hari, KARENA BURUNG PADA DASARNYA SUDAH GACOR OWOR-OWOR bisa menyebabkan rusaknya pita suara dan burung pun menjadi serak.
Perlu Anda atasi agar burung sehat dan Anda pun merasa nyaman…
Sumber : Om Kicau

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar